4 Ancaman Ketika Menahan Kentut

Berita Kesehatan Terbaru – Buat sebagian orang mengeluarkan angin atau kentut merupakan hal yang memalukan, lebih-lebih lagi jika mengeluarkannya ditempat umum. Hal ini karena kentut mempunyai bau yang tidak sedap. Akan tetapi perlu diketahui jika ada 4 ancaman ketika menahan kentut. Berita Kesehatan..

Kentut terjadi karena udara yang terperangkap dalam perut yang berasal dari beberapa sumber. Diantaranya adalah udara yang tertelan bersamaan dengan makanan dan minuman. Kentut yang ingin dikeluarkan akan tidak baik bagi kesehatan jika ditahan. Terdapat 4 ancaman menahan kentut, mari kita ulas dibawah ini.

4 ancaman ketika menahan kentut

1. Wasir merupakan ancaman ketika menahan kentut

Menahan keluarnya ketut akan mengakibatkan wasir. Ini dikarenakan terjadinya gerakan yang berlebihan pada organ dubur ketika menahan kentut supaya tidak keluar.

Gerakan ini akan membuat otot-otot pada dubur menjadi tegang dan akan menimbulkan pelebaran pembuluh darah, yang kemudian akan menimbulkan wasir.

Baca juga berita kesehatan yang satu ini – 7 Makanan Yang Menimbulkan Bau Badan

2. Infeksi diverticulosis

Dengan menahan kentut juga bisa mengakibatkan infeksi diverticulosis. Diverticulosis adalah pembentukan kantung-kantung kecil pada lapisan usus besar.

Dengan kantung-kantung inilah nantinya akan terbentuk diverticulosis yang dikarenakan terjadinya peningkatan tekanan di titik-titik lemah pada diding usus yang dibuat oleg gas, limbah dan cairan.

3. Peritonitis

Salah satu yang juga merupakan bahaya menahan kentut adalah peritonitis. Peritonitis timbul akibat peradangan peritoneum, yaitu jaringan yang menjadi pelapis diding dalam perut mencakup sebagian besar organ perut.

Gangguan ini juga dapat terjadi akibat infeksi yang diakibatkan oleh jamur atau juga bakteri.  Hal ini akan mengakibatkan usus menjadi terinfeksi.

4. Keracunan gas

Jika terus berusaha menahan kentut, hal ini akan mengakibatkan tekanan parsial dalam rongga usus dengan kapasitas yang makin tinggi dibandingkan dengan parsial didalam darah.

Hal ini akan menyebabkan masuknya gas kedalam pembuluh darah yang terdapat pada dinding usus, kemudian nantinya akan beredar keseluruh tubuh.

Itulah 4 ancaman ketika menahan kentut, jadi ada baiknya jika ingin buang kentut segera dilakukan dan jangan ditahan-tahan sehingga mengakibatkan penyakit didalam tubuh. PORINDO.com

Share:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.