Berapa Total Biaya Pembuatan Samsung Galaxy S9 Plus?

Info Gadget Terbaru – Duo Samsung Galaxy S9 sudah diluncurkan pada bulan Februari di ajang MWC yang dibanderol seharga Rp 12.999 juta hingga Rp 14.999 juta. Namun tahukah Anda berapa total biaya pembuatan Samsung Galaxy S9 Plus (Exynos)?

Baru-baru ini situs Techlnsights mengungkapkan analisisnya dengan membuat grafik mengenai biaya pembuatan Samsung Galaxy S9 Plus serta perbandingan biaya pembuatan ponsel lainnya seperti Samsung Galaxy note 8, S8 Plus, iPhone 8 Plus dan iPhone X.

Setelah membedah perangkat tersebut secara menyeluruh, mereka menemukan bahwa total biaya pembuatan Samsung Galaxy S9 Plus hanya sekitar USD 379 atau hanya sekitar Rp 5,2 juta saja per unitnya, sudah termasuk seluruh komponen yang ada pada ponsel Samsung.

Harga ini hanya setengahnya saja dari harga jual ponsel Samsung Galaxy S9 Plus di pasaran. Biaya pembuatan ini lebih mahal USD 10 dari Galaxy Note 8, sehinga membuat Galaxy S9 Plus menjadi ponsel Samsung dengan biaya pembuatan termahal saat ini.

Grafik Perbandingan Biaya Pembuatan Samsung Galaxy S9 Plus Dengan Biaya Pebuatan Ponsel Lainnya
Grafik Perbandingan Biaya Pembuatan Samsung Galaxy S9 Plus Dengan Biaya Pebuatan Ponsel Lainnya

Baca Juga: Duo Samsung Galaxy S9 Resmi Diluncurkan, Harga Dan Spesifikasi?

Biaya Pembuatan Samsung Galaxy S9 Plus

Berdasarkan informasi dari situs Techlnsights, komponen yang paling mahal adalah layar dengan panel Super AMOLED yang diusung oleh Samsung Galaxy S9 Plus yang diperkirakan mencapai USD 72,50 atau sekitar Rp 990 ribu.

Sedangkan pada iPhone X harus mengeluarkan biaya sebesar USD 76,50 atau lebih mahal Rp 68 ribu untuk panel Super AMOLED yang sama.

Biaya Pembuatan Samsung Galaxy S9 Plus
Biaya Pembuatan Samsung Galaxy S9 Plus

Selain itu komponen kedua yang paling mahal adalah chipset Samsung Exynos 980 yang ditaksir senilai USD 68 atau sekitar Rp 935 ribu. Sedangkan komponen ketiga yang cukup mahal adalah modul kamera yang mencapai USD 48 atau sekitar Rp 660 ribu.

Untuk ponsel iPhone X harus mengeluarkan biaya $ 64,50 atau sekitar Rp 890 ribu untuk chipset prosesornya dan biaya komponen modul kamera iPhone X menghabiskan USD 43 atau sekitar Rp 591 ribu.

Jika dibandingkan dengan biaya pembuatan iPhone X, harga komponen dan pembuatan Galaxy S9 Plus ini lebih murah USD 10. Namun, total biaya pembuatan Samsung Galaxy S9 Plus beserta komponen yang senilai USD 379 tesebut belum termasuk biaya riset, pengembangan, desain, distribusi dan juga marketing.

Share:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.