6 Cara Berhenti Merokok Dengan Aman Dan Cepat

Berita Kesehatan Terbaru – Tidak dapat dipungkiri, rokok merupakan satu komoditas yang sangat berbahaya bagi kesehatan, namun dapat dijual secara bebas dan dengan mudah didapatkan. Bila sudah kecanduan dengan rokok maka akan susah untuk berhenti. Berikut ada cara berhenti merokok dengan aman dan cepat.

Bukan hanya bisa didapatkan dengan mudah, rokok bahkan sudah menjadikan masyarakat Indonesia menjadi pemakai yang aktif, yakni sebesar 51,1% yang merupakan anggka tertinggi di Asia Tenggara. Parahnya dengan merokok akan menimbulkan berbagai penyakit yang berbahaya diantaranya kanker paru-paru, paru obstruktif kronik, serangan jantung, dan masih banyak penyakit lainnya.

Hal inilah yang membuat banyak orang yang ingin berhenti merokok, dan mencari cara yang benar-benar efektif dan membuat berhenti merokok secara total. Caranya pun beragam, akan tetapi kunci utamanya adalah adanya kesadaran diri sendiri dan dengan sigap meninggalkan kebiasaan yang dapat membahayakan diri sendiri.

6 cara berhenti merokok dengan aman dan cepat

1. Berhenti merokok dengan cara menggunakan bahan pengganti nikotin

Ada berbagai produk yang dapat digunakan sebagai pengganti rokok diantaranya, permen karet nikotin, tablet isap, tablet sublingual, inhaler pengganti nikotin, transdermal atau koyo dan obat semprot hidung atau mulut.

Baca berita kesehatan lainnya – 4 Cara mudah Mengatasi Bau Mulut Saat Berpuasa

2. Berhenti merokok dengan cara alami

Cara ini biasa digunakan buat yang dapat dengan alami berhenti menghisap rokok, seperti, cari hobi baru yang sesuai dengan karakter, jangan tergoda saat mendengar kata rokok, kurangi asupan kafein, hindari orang-orang yang merokok dan mencari bantuan orang yang profesional atau yang disebut psikiater.

3. Berhenti merokok secara perlahab dan bertahap

Cara ini bisa dikatakan pelan-pelan meniggalkan kebiasaan merokok yaitu dengan cara menentukan berapa lama akan menggunakan cara bertahap ini, pilihlah hari yang tidak sibuk (hari libur), tentukan berapa banyak rokok yang akan dikurangi setiap hari, dan kombinasikan berhenti merokok dengan saran psikiater.

4. Berhenti merokok dengan cara permanen

Berhenti merokok dengan cara permanen ini tidaklah mudah. Motivasi untuk berhenti merokok harusnya sudah dilakukan dari jauh hari sebelum benar-benar berhenti merokok. Kemudian harus ada orang yang menjadi motivasi untuk berhenti merokok seperti, orang yang dicintai yang biasanya menjadi motivasi terkuat untuk berhenti merokok.

5. Berhenti merokok dengan Vape

Gunakan cara ini dengan cara yang harus terpaksa menggunakan vape ini, dimana pada saat sangat membutuhkan rokok baru gunakanlah Vape sebagai pengganti rokok. Setelah itu jalani cara berhenti merokok secara alami yaitu dengan berhenti secara total atau mengurangi nya secara perlahan-lahan.

6. Berhenti merokok pada saat hamil

Salah satu motivasi yang cukup bisa menghilangkan kebiasaan merokok adalah pada saat hamil. Ini akan membuat berpikir dengan adanya resiko terkena paparan jutaan bahan kimia yang beracun yang dapat menimbulkan bermacam-macam komplikasi yakni bayi akan lahir secara prematur, kemudia berat bayi akan menjadi ringan, serta keterbatasan oksigen yang akan membuat pernapasan pada bayi menjadi lambat dan memacu denyut jantung pada bayi menjadi lebih kencang.

Demikianlah 6 cara berhenti merokok dengan aman dan cepat yang dapat digunakan jika anda benar-benar ingin hidup sehat dan memutuskan untuk tidak lagi menggunakan rokok selamanya. PORINDO.com

Share:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.