VIVO APEX 2019 CONCEPT PHONE

 Ini Penampakan Vivo Apex 2019, Smartphone Tanpa Lubang dan Tombol!

VIVO APEX 2019 didesain dengan model permukaan body  berbasis kaca dengan pinggiran  melengkung seperi tetesan air. Bodi APEX 2019 ini juga terlihat menyambung dari depan sampai belakang tanpa bezel.  Desain Super Unibody dan teknologi Full-Display Fingerprint Scanning, di antara beberapa fitur terobosan lainnya, menjadikan APEX 2019 smartphone yang benar-benar luar biasa yang menunjukkan eksplorasi tiada henti, dan inovasi luar biasa dari Vivo untuk para konsumen,” sambungnya. Pada akhir Februari mendatang VIVO APEX 2019 akan ditampilkan pada pameran Mobile World Congress (MWC) di Barcelona, Spanyol. Para pengunjung akan memiliki kesempatan untuk bisa memegang dan merasakan langsung smartphone konsep APEX 2019.

 

Desain Super Unibody

APEX 2019 mengusung desain FullView yang ramping dan benar-benar meniadakan bezel atau bingkai di sekeliling layarnya. Smartphone ini menghilangkan tombol fisik dan menggantikannya dengan teknologi Touch Sense yang menyatukan sentuhan kapasitif dan sensor tekanan. Soal alternatif tombol power dan juga volume, Apex 2019 menggunakan paduan sensor kapasitif dan sensor sensitif tekanan. Vivo menyebutnya teknologi Touch Sense. Jadi, tanpa tombol Anda tetap bisa menekannya di area sensor.

 

Super Unibody Design dengan FullView Display

Dengan pemrograman dan software yang dirancang dengan cermat, sensor mengetahui ketika pengguna menekan area bingkai. Sedangkan sentuhan kapasitif dapat menentukan posisi tekanan jari tangan yang memberikan keakuratan ekstra sensitif. Selain itu semua, Vivo kembali membawa teknologi Screen SoundCasting yang mengganti speaker konvensional dan menggunakan layar sebagai speaker.Hal ini terbilang unik karena sebelumnya hanya Sharp dan Kyocera yang menyematkan fitur fitur tersebut pada layar mereka. APEX 2019 dibekali inovasi yang mengubah layar menjadi speaker menggunakan teknologi Body SoundCasting. Teknologi ini mampu mengubah seluruh area layar APEX 2019 menjadi speaker utuh dengan memanfaatkan fungsi getaran layar, sekaligus menghindari kebutuhan terhadap ruang untuk penempatan speaker.

 

Teknologi Full-Display Fingerprint Scanning

Sebetulnya teknologi inovatif In-Display Fingerprint Scanning atau Screen Touch ID telah Vivo tanamkan pada smartphone seri Vivo NEX, Vivo X21 UD, maupun Vivo V11 Pro. Pada APEX 2019 teknologi Full-Display Fingerprint Scanning sensor sidik jarinya mampu mencakup hampir seluruh area layar.  Sensor yang lebih besar juga memungkinkan penambahan lebih banyak fitur demi meningkatkan keamanan dalam menggunakan aplikasi. Ketika pengguna mengaktifkan layar dan menekan ikon aplikasi yang sesuai untuk memindai sidik jari, memungkinkan akses langsung tanpa harus ke menu home. Kemampuan ini pun praktis mampu memberikan pengalaman lebih cepat dan lebih efisien bagi pengguna smartphone Vivo dibanding model sensor sebelumnya.

Screentoucfh ID

Full-Display Fingerprint Scanning

 

Smartphone 5G pertama Vivo ini ditenagai chipset  Qualcomm Snapdragon 855 dengan RAM 12GB dan internal memory  512GB, serta dilengkapi dengan Jovi AI Assistant yang disertai beberapa fungsi cerdas lainnya. Smartphone ini pun telah memecahkan tantangan ruang motherboard yang terbatas dengan menggunakan Duplex PCB Design, yang telah meningkatkan kapasitas ruang sebesar 20 persen dengan cara meminimalkan penempatan komponen secara keseluruhan. Vivo pun mempelopori standardisasi teknologi 5G dengan perpaduan teknologi yang menyertainya, seperti Artificial Intelligence (AI), Internet of Things (IoT), augmented reality, dan virtual reality.

AOD APEX

 AOD Fullview display pada APEX 2019 ( kondisi locked)

 

Konektivitas port USB pun digantikan dengan Pogo magnetic port yg mirip dengan Apple MagPort, sebuah konektor berdaya magnet yang memungkinkan pengisian daya baterai dan transfer data dengan daya hingga 18watt. Dengan adanya konektor baru ini berimbas positif terhadap bodi smartphone yang dapat dibuat semakin terintegrasi. Kabel charger /data APEX terpasang secara magnetis ke pin pogo di bagian belakang (seperti pada beberapa hp outdoor Kyocera). Sayangnya tampaknya APEX 2019 tidak menyertakan 3.5mm jack port atau pun adapter 3.5mm untuk kebutuhan audio

 

back cover APEX 2019 dengan pogo pin magnetic untuk charging menggantikan USB port

 

pogo pin magnetic APEX 2019

 

Entah apakah APEX 2019 dirancang kedap air juga atau tidak karena biasanya model ini hanya digunakan pada ponsel outdoor semacam Motorola dan Kyocera serta pada Sony. Karena tidak ada port di mana pun selain  celah kecil untuk mikrofon (APEX 2019 memakai eSIM jadi tidak memakai sim slot biasa) secara teknis hp ini cukup kedap air, walau tidak ada IP rating untuk APEX 2019 secara resmi karena Vivo belum menguji ini sepenuhnya.Tapi saya kira ada cara yang disiapkan VIVO untuk menjaga air masuk ke dalam lubang celah mic tersebut.  Meski demikian, Vivo berhasil memberikan demo unit tentang konsep bagaimana smartphone masa depan bekerja.

Vivo berusaha keras untuk menjual ide bahwa ini adalah ponsel yang futuristik. Alih-alih tombol, ia menggunakan kombinasi sensor kapasitif dan tekanan sebagai pengganti. Dan ada motor haptic untuk mensimulasikan pengalaman menekan tombol. Apex 2019 juga memiliki pendingin cair  yang sudah umum pada hp flagship sekelasnya dan mengklaim menggunakan ruang uap terbesar di kelasnya. Ponsel ini datang dalam tiga warna, dengan nama-nama fantastis: Quartz White, Titan Silver dan Meteor Grey,.

 

Kamera belakang memiliki sensor ultrawide 13 megapiksel dan sensor reguler 12 megapiksel, Dan Anda harus membalikkan kamera untuk selfie karena ponsel ini tidak memiliki kamera depan. tetapi jangan berharap ada fitur fitur unik pada setting kamera seperti pada VIVO Nex, karena Vivo mengatakan bahwa fokus ponsel APEX 2019 ini bukan pada kamera.

 

Berikut cuplikan APEX 2019 pada MWC 2019

https://www.youtube.com/watch?v=4bnoAx27Aew&feature=youtu.be

 

Berikut ringkasan spesifikasi prototype VIVO APEX 2019

 

SPECIAL FEATURES

Fingerprint Sensor Position On-screen

Other Sensors  Light sensor, Proximity sensor, Accelerometer, Gyroscope

Fingerprint Sensor    Yes

GENERAL

Quick Charging Yes

Operating System Android v9.0 (Pie)

Sim Slots    Dual SIM, GSM+GSM (eSIM)

Network 4G: Available (supports Indian bands) 3G: Available, 2G: Available

Fingerprint Sensor    Yes

MULTIMEDIA

Loudspeaker    Yes

Audio Jack  3.5 mm

PERFORMANCE

Chipset   Qualcomm Snapdragon 855 64bit

Graphics Adreno 640

Processor    Octa core (2.84 GHz, Single core, Kryo 485 + 2.42 GHz,

Tri core, Kryo 485 + 1.8 GHz, Quad core, Kryo 485)

DESIGN

Colours   Black, Grey, White

DISPLAY

Display Type    AMOLED AOD display with full screen haptic sensor

Pixel Density    403 ppi

Screen Size 6.39 inches (16.23 cm)

Screen Resolution  1080 x 2340 pixels

Pixel Density    403 ppi

Touch Screen   Yes Capacitive Touchscreen, Multi-touch

STORAGE

Internal Memory  512 GB

Expandable Memory  No

CAMERA

Settings  Exposure compensation, ISO control

Camera Features  Digital Zoom, Auto Flash, Face detection, Touch to focus

Image Resolution   4000 x 3000 Pixels

Autofocus    Yes

Shooting Modes    Continuos Shooting, High Dynamic Range mode (HDR)

Resolution   12 MP + 13 MP Dual Primary Cameras

Flash  Yes LED Flash

BATTERY

User Removable    No

Quick Charging     Yes Fast

Capacity Li Ion 4100 mAh

NETWORK CONNECTIVITY

Wifi   Yes Wi-Fi 802.11, b/g/n

Wifi Features    Mobile Hotspot

Bluetooth    Yes v5.0

Volte  Yes

Usb Type C  No (via magport)

Usb Connectivity   Mass storage device, USB charging

Network Support  5G,4G, 3G, 2G

Gps   Yes with A-GPS

Sim 1

4G Bands:TD-LTE 2300(band 40) FD-LTE 1800(band 3)

3G Bands: UMTS 1700 / 1900 / 850 / 900 MHz

2G Bands: GSM 1800 / 1900 / 850 / 900 MHz GPRS:Available EDGE:Available

Sim 2

4G Bands: TD-LTE 2300(band 40) FD-LTE 1800(band 3)

3G Bands: UMTS 1900 / 2100 / 850 / 900 MHz

2G Bands: GSM 1800 / 1900 / 850 / 900 MHz GPRS:Available EDGE:Available.

Share:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.